KOTAWARINGIN TIMUR, iNews.id- Pelayanan yang diberikan petugas puskesmas di Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dinilai kurang ramah. Padahal sesuai dengan sumpah dan janji profesi mereka harusnya melayani masyarakat dengan ikhlas.
Sorotan ini disampaikan Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Dadang Siswanto. Dikatakan, pelayanan kesehatan yang diberikan oleh puskesmas masih harus ditingkatkan.
“Tentu ini juga berdasarkan keluhan-keluhan yang disampaikan masyarakat kepada kami, serta pantauan ketika kami turun ke lapangan," katanya, Kamis (26/5/2022).
Wakil Ketua Komisi III ini mengungkapkan, kondisi gedung dan peralatan kesehatan di puskesmas tergantung ketersediaan anggaran. Namun terkait pelayanan, ini lebih pada etos kerja dokter dan tenaga kesehatan dalam melayani masyarakat.
“Selama ini masih sering muncul keluhan masyarakat terkait petugas di rumah sakit maupun puskesmas yang kurang ramah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” bebernya.
Ketua Fraksi PAN melanjutkan, masyarakat tak boleh kesulitan mendapatkan pelayanan kesehatan, terlebih bagi mereka yang tinggal di perdesaan. Puskesmas sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama harus menjadi yang terdepan dalam melayani masyarakat.
“Perannya sangat penting dalam memberikan pertolongan pertama menyelamatkan masyarakat,” tambahnya.
Peningkatan pelayanan ini juga sangat penting dalam rangka menuju menuju pelayanan yang paripurna. Peningkatan tidak hanya terhadap bangunan fisik dan peralatan, tetapi juga etos kerja tenaga medis dan tenaga kesehatan.
"Tenaga kesehatan dan dokter harus selalu berada di tempat, terutama pada saat jam operasional. Selain itu, kami juga mendorong peningkatan sarana prasarana, terutama ruang inap dan instalasi pengolahan air limbah," tutupnya.(*)
Editor : Febrian Putra
DPRD Kotawaringin Timur sorotan kritik pelayanan layanan kesehatan keluhan masyarakat kurang ramah petugas kesehatan pelayanan puskesmas
Artikel Terkait