Angin kencang merobohkan pohon di tepi Jalan Iskandar, Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah, Jumat (18/11/2022). (Foto: Antara/Dok Warga)
Antara

SAMPIT, iNews.id - Empat pohon besar di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah (Kalteng) tumbang setelah diterjang angin kencang. Beruntung, dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa.  

Peristiwa tumbangnya empat pohon besar terjadi pada Jumat (18/11/2022) sekitar pukul 13.00 WIB,

"Laporan sementara ada empat pohon besar yang tumbang. Syukur saja tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotawaringin Timur, Rihel di Sampit, Jumat.
 
Ia mengatakan, pohon tumpang itu terjadi di kawasan Taman Kota, Jalan Iskandar, Jalan HM Arsyad, dan Jalan Kopi Selatan.

"Petugas sedang membersihkan batang pohon yang tumbang," ujarnya.
 
Menurut Badan Meteorologi dan Klimatologi Stasiun Meteorologi Haji Asan Sampit, saat angin kencang meliputi pusat Kota Sampit kecepatan maksimum angin 27 knot atau 54 km/jam.

Salah satu warga, Rahmat mengatakan, saat terjadi hujan yang disertai angin kencang, ia memilih untuk menghentikan kendaraannya dan mencari tempat berlindung. 

"Banyak pohon besar yang sudah tua di sisi jalan, makanya saya lebih memilih singgah karena khawatir takut ada pohon yang tumbang," katanya.
 
Rahmat berharap pemerintah daerah memeriksa kondisi pohon-pohon besar di pinggir jalan serta memangkas pohon atau batang pohon yang sudah tua atau lapuk agar tidak roboh dan menimpa warga semasa hujan dan angin kencang.


Editor : Candra Setia Budi

BERITA TERKAIT