Kapolda Kaltara Irjen Pol Daniel Adityajaya sosok di balik pengungkapan kasus tambang emas ilegal diduga milik anggota Polri di Bulungan. (Foto: Humas Polri)
Antara, Donald Karouw

BULUNGAN, iNews.id - Polda Kalimantan Utara membongkar kasus tambang emas ilegal yang diduga melibatkan anggota Polri di Sekatak, Kabupaten Bulungan. Oknum polisi yang ditangkap yakni berinisial Briptu HSB diduga sebagai bos tambang ilegal tersebut.

Briptu HSB merupakan anggota Dit Polairud Polda Kaltara yang ditangkap rekan seprofesinya sesama polisi saat akan terbang ke Kota Makassar di Bandara Juwata Tarakan, Rabu (3/5/2022). Di balik penangkapan ini, ternyata tak lepas dari tangan dingin Kapolda Kaltara Irjen Pol Daniel Adityajaya.

Jenderal Polri bintang dua ini telah membuktikan janjinya, khususnya terkait peningkatan pengawasan setiap anggota. Bahkan dia tak pandang bulu. Oknum polisi yang dianggap melakukan pelanggaran, secara langsung diberikan sebuah punishment.

Kabid Humas Polda Kaltara Kombes Pol Budi Rachmat mengatakan, awalnya mendapat informasi terkait dugaan tambang emas liar berlokasi di Desa Sekatak Buji, Kecamatan Sekatak, Kabupaten Bulungan.

Selanjutnya, Kapolda Kaltara Irjen Pol Daniel Adityajaya membentuk tim khusus gabungan Direktorat Reskrimsus, Polres Bulungan dan Polres Tarakan untuk melaksanakan penyelidikan dan penyidikan.

"Dari penyelidikan ditemukan benar di lokasi tersebut terdapat kegiatan penambangan emas yang dilakukan secara ilegal," kata Budi, Kamis (5/5/2022).

Diketahui, Irjen Pol Daniel Adityajaya merupakan teman satu angkatan dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Dia lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1991 yang berpengalaman dalam bidang reserse.

Selama di Polri, dia tercatat pernah menduduki sejumlah jabatan strategis. Mulai dari Kapolres Baubau (Sulawesi Tenggara), Wadirreskrimsus Polda Sultra, Analis Kebijakan Madya Bidang Pidum Bareskrim Polri, Kabagsumda Rorenmin Bareskrim Polri, Pati Bareskrim Polri (Penugasan Pada Kementerian ATR/BPN) dan Widyaiswara Utama Sespim Tk I Lemdiklat Polri.

Berikut Riwayat Jabatan Kapolda Kaltara Irjen Pol Daniel Adityajaya :

Kapuskodal Polresta Balikpapan Polda KaltimKasat Reskrim Polresta Samarinda Polda Kaltim
Wakapolres Berau Polda Kaltim
Kapolres Buton Polda Sultra
Kapolres Bau Bau Polda Sultra
Wadirreskrimsus Polda Sultra (2012)
Kasubdit Harda Bareskrim Polri
Analis Kebijakan Madya Bidang Pidum Bareskrim Polri
Kabagsumda Rorenmin Bareskrim Polri[2] (2019)
Pati Bareskrim Polri (Penugasan Pada Kementrian ATR/BPN) (2020)
Widyaiswara Utama Sespim Tk I Lemdiklat Polri (2021)
Kapolda Kalimantan Utara (2022)


Editor : Donald Karouw

BERITA TERKAIT