5 Hewan Hasil Perkawinan Silang, Ada yang Bobotnya Capai 410 Kilogram

Inas Rifqia Lainufar · Sabtu, 23 Juli 2022 - 17:18:00 WIB
5 Hewan Hasil Perkawinan Silang, Ada yang Bobotnya Capai 410 Kilogram
Hewan hasil perkawinan silang - Liger (Foto: The Liger)

JAKARTA, iNews.id - Inilah hewan hasil perkawinan silang yang memiliki ciri unik. Hewan-hewan ini berasal dari perkawinan silang antara dua hewan dalam spesies yang sama namun berbeda ras.

Karena berhasil dikembangbiakan, beberapa dari hewan ini tumbuh subur di alam bebas.

Lantas, hewan apa saja yang merupakan hasil perkawinan silang? Simak ulasannya berikut ini yang dilansir iNews.id dari laman Boredpanda.com (7/7/2022).

Hewan hasil perkawinan silang 

1.Cama (persilangan unta dan llama)

Cama merupakan hewan hasil persilangan antara unta dromedaris jantan dan llama betina. Hewan ini telah melalui inseminasi buatan di pusat reproduksi unta di Dubai pada tahun 1998. 

Di dunia ini, hanya terdapat 5 Cama yang pernah dikembangbiakan, yang mana Cama pertama lahir di tanggal 14 Januari 1998. Tujuan dilakukannya persilangan antara unta dan llama ini untuk menciptakan hewan dengan kekuatan dan ukuran seperti unta, temperamen yang kooperatif, tetapi dapat menghasilkan wol yang lebih banyak.

2.Zebroid (persilangan antara zebra dan kuda lain)

Zebroid merupakan hewan hasil persilangan antara zebra dan kuda lain. Di sebagian besar persilangan, pejantannya merupakan zebra sedangkan kuda lain adalah betinanya.

Hewan hibrida ini telah dikembangbiakan sejak abad ke-19 dan banyak disebut oleh ilmuwan Charles Darwin dalam beberapa karyanya. Istilah Zebroid bahkan dicetuskan pertama kali oleh Charles Darwin sebagai hewan yang sulit dijinakkan dan lebih agresif dibandingkan dengan kuda.

3.Liger (persilangan antara singa dan harimau)

Persilangan antara singa jantan dan harimau betina ini populer disebut ‘Liger’. Ciri khas Liger adalah kecepatannya yang tak bisa ditandingi dan ukurannya yang sangat besar.

Tak heran jika hewan hasil persilangan tersebut disebut sebagai kucing terbesar di dunia. Hercules menjadi Liger terbesar di dunia dengan berat mencapai lebih dari 410 kilogram.

Hewan-hewan ini hidup di sebuah penangkaran atau tempat perkembangbiakan khusus.

4.Wholphin (persilangan antara paus dan lumba-lumba)

Wholphin menjadi hewan hibrida dari perkawinan lumba-lumba hidung botol  (Tursiops truncatus) betina dengan paus pembunuh palsu (Pseudorca crassidens) jantan.

Kedua jenis hewan tersebut sebenarnya berasal dari keluarga yang sama dan sama-sama merupakan hewan yang sangat langka.
Dengan demikian, tak heran jika Wholphin menjadi hewan hibrida yang cetacea langka.

Wholphin hasil perkawinan portmanteau paus dengan lumba-lumba bahkan hanya ada satu di dunia.
Hewan-hewan ini bisa ditemukan di penangkaran dan alam bebas.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: