9 Makanan Penambah Berat Badan, Mengandung Kalori dan Gizi Tinggi

Faqihah Husnul Khatimah ยท Jumat, 30 September 2022 - 18:33:00 WIB
9 Makanan Penambah Berat Badan, Mengandung Kalori dan Gizi Tinggi
Makanan penambah berat badan perlu diketahui bagi yang bertubuh ramping. (Foto: Istimewa).

3. Kacang

Camilan sehat yang menambah banyak kalori, yaitu kacang. Contoh, dalam ¼ cangkir almond mentah memiliki 170 kalori, 6 gram protein, 4 gram serat dan 15 gram lemak sehat. 

Namun, tak harus benar-benar makan kacang mentah, produk selai kacang bisa menjadi alternatif. Selai kacang dapat dipadupadankan dengan roti atau smoothie. Silakan kreasikan sendiri sesuai kebutuhan.

4. Pasta

Bosan dengan makanan karbohidrat lain? Bisa mencoba pasta, misalnya spaghetti. Pasta mampu mencukupi asupan kalori tubuh.

Makanan berbentuk lidi panjang ini memberikan 139 kalori dan 22,6 gram karbohidrat dalam 100 gram penyajian. Jumlah itu belum ditambah jika ingin menambahkan saus bolognese dan bahan pelengkap lain.

5. Smoothies

Termasuk makanan penambah berat badan yang lezat dikonsumsi. Banyak smoothies yang dijual di pasaran. Namun, lebih sehat bila membuat smoothie sendiri. Smoothies siap saji biasanya minim nutrisi dan rendah protein.

Berikut beberapa resep smoothies yang bisa dicoba di rumah:

- Smoothies Pisang dan Nanas: Campurkan potongan pisang dan nanas dengan yoghurt, madu dan oatmeal. Blender hingga lembut dan tuang dalam gelas saji. Sajikan dingin.

- Smoothies Buah Naga: Campurkan potongan buah naga, pisang, susu, madu dan es batu. Lembutkan menggunakan blender dan sajikan dingin.

- Smoothies Alpukat: Potongan buah pisang dan alpukat ditambahkan dengan susu segar dan es batu. Blender dan sajikan.

6. Daging Merah

Merupakan makanan penambah berat badan dengan kandungan protein yang baik untuk pembentukan otot. Sebanyak 170 gram daging merah mengandung 456 kalori, 49 protein dan 5 gram leusin berupa asam amino yang berfungsi menambah jaringan otot baru. 

Daging merah biasa diolah sebagai steak. Sebaiknya pilih daging merah yang memiliki banyak lemak untuk meningkatkan kalorinya. 

7. Salmon

Sebanyak 100 gram ikan salmon terhitung ada 208 kalori, 20,4 gram protein dan 134 gram lemak. Kandungan protein dan lemak tersebut bermanfaat bagi tubuh. 

Belum lagi asam lemak omega-3 yang menyumbang bantuan kesehatan fungsi organ.

Kalori pada ikan salmon bisa bertambah tergantung cara mengolahnya. Proses pengolahannya berbeda-beda sesuai selera, seperti ditumis, dikukus atau dipanggang dengan mentega atau minyak. 

Namun, harus memerhatikan agar kandungan lemak yang dikonsumsi jangan sampai berlebih.

8. Susu

Mengandung protein kasein dan whey untuk menambah massa otot. Minum susu disarankan sebelum dan sesudah berolahraga, misalnya olahraga angkat besi. 

Selain protein, susu juga mengandung karbohidrat, lemak, vitamin, mineral dan kalsium yang baik.

Dalam secangkir susu (245 gram) ada 83,3 kalori, 8,3 gram protein, 12,2 gram protein, dan 0,2 gram lemak. Susu bisa diminum secara langsung atau mencampurkannya dengan bahan makanan lain, seperti smoothie. 

9. Alpukat

Merupakan buah yang tinggi lemak sehat. Selain lemak, alpukat juga mengandung banyak kalori, vitamin dan mineral. Dari 100 gram alpukat, ada kandungan 85 kalori, 7,7 gram karbohidrat, 0,9 gram protein dan 6,5 gram lemak. 

Bisa dimakan secara langsung, mencampurnya dengan salad atau roti lapis juga lezat.

Itulah sembilan makanan penambah berat badan yang dapat Anda masukkan dalam daftar konsumsi harian. 

Editor : Kurnia Illahi

Follow Berita iNewsKalteng di Google News

Bagikan Artikel: