Ular Piton 3,5 Meter Ditangkap Usai Mangsa Ternak Warga 

Sigit Dzakwan Pamungkas · Rabu, 28 September 2022 - 20:14:00 WIB
Ular Piton 3,5 Meter Ditangkap Usai Mangsa Ternak Warga 
Petugas damkar saat mengevakuasi ular piton sepanjang 3,5 meter karena kerap memangsa ternak warga. (Foto: Sigit Dzakwan/iNews)

KOTAWARINGIN BARAT, iNews.id - Petugas pemadam kebakaran (Damkar) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah, berhasil mengevakuasi ular piton sepanjang 3,5 meter di Kelurahan Baru, Kecamatan Arut Selatan, Rabu (27/9/2022) sekitar pukul 16.00 WIB. Ular itu dievakuasi karena memasang ayam milik warga setempat. 

Pemilik ternak bernama Agus mengatakan awalnya tidak tahu jika ada ular piton di dalam kandang ayamnya. Ia mengaku baru tahu ada ular setelah pamannya yang melihat

“Awalnya yang lihat Paman, kandang ayam di depan rumah saya dimasuki ular piton besar dan langsung memangsa ayam di dalamnya,” katanya.

Ia mengatakan, sudah satu pekan di wilayahnya terendam banjir dan ular memang rawan masuk ke rumah-rumah warga. Banjir di rumahnya mencapai 50 centi meter. 

“Ya banjir sudah sepekan ini dan memang sekarang rawan adanya ular. Beruntung tadi Paman lihat. Dan saya langsung melapor ke petugas Damkar Kobar untuk segera mengevakuasinya.” ujarnya.

Kata dia, petugas damkar datang ke rumahnya dengan menggunakan perahu kecil (getek). Sebab untuk mencapai ke rumahnya tak bisa dengan kendaraan dan jalan kaki. 

Saat dievakuasi, perut ular terlihat besar karena sudah memangsa satu ekor ayam. 

“Petugas damkar ke lokasi naik getek. Dan ular berhasil dievakuasi dan sudah dibawa ke Mako damkar.” pungkasnya.

Editor : Candra Setia Budi

Bagikan Artikel: