Selain format PDF, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi Microsoft Word untuk menandatangani dokumen elektronik. Berikut caranya:
1. Buka aplikasi microsoft word, pilih menu “Insert”
2. Pada menu text, pilih “Microsoft Office Signature Line”
3. Isi nama Anda dengan jabatan dan email jika diperlukan
4. Klik “Ok”
5. Selanjutnya, pastikan dokumen sudah bersifat final
6. Jika sudah, klik kanan dan pilih “Sign”
7. Masukkan gambar tanda tangan Anda, atau tulis tanda tangan
8. Klik “Sign” dan selesai! Dokumen berhasil ditandatangani
AI Generator
Terakhir, AI bisa menjadi solusi selanjutnya untuk membuat tanda tangan digital dengan mudah. Salah satunya seperti Jotform yang bisa Anda coba di bawah ini:
1. Masuk ke https://www.jotform.com/id/ai/signature-generator/
2. Pilih jenis tanda tangan sesuai preferensi, bisa tulis atau gambar sendiri
3. Lalu klik “Unduh tanda tangan” dan selesai!
Perlu Anda ketahui untuk cara melalui Jotform baru sebatas membuat tanda tangan digital dalam format gambar. Selanjutnya, Anda bisa attach ke dokumen sendiri.
Itulah beberapa cara membuat tanda tangan digital yang bisa Anda coba. Agar dokumen Anda aman dan berkekuatan hukum kuat, pastikan untuk menggunakan tanda tangan digital yang telah tersertifikasi PSrE!
Editor : Rizqa Leony Putri
Artikel Terkait