Penampakan orang utan nangkring di Jembatan Panjang, Kelurahan Hilir, Kecamatan Kotawaringin Lama (Kolam), Kotawaringin Barat, Kalteng. (Foto : iNews/Sigit D)
Sigit Dzakwan Pamungkas

KOTAWARINGIN BARAT, iNews.id - Keberadaan seekor orang utan dewasa nangkring di Jembatan Panjang menghebohkan warga Kelurahan Hilir, Kecamatan Kotawaringin Lama (Kolam), Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah, Jumat (1/7/2022) pukul 10.30 WIB.

Warga yang mengetahui kejadian langsung melapor ke anggota TNI di Koramil 1014-03/Kolam untuk membantu proses evakuasi.

Anggota Koramil 1014-03/Kolam Praka Yosa Irfano mengatakan, keberadaan primata dilindungi tersebut diketahui dari laporan masyarakat setempat.

“Ada orang utan keluar dari habitatnya. Sebab habitatnya terkena banjir. Saat ini orang utan sudah kami halau agar masuk ke habitatnya lagi. Tadi anggota Koramil 4 orang yang menggiring sejauh 500 meter masuk ke dalam sudah dan kejadian ini juga kami laporkan ke BKSDA,” ujar  Yosa, Jumat (1/7/2022).

Kepala Seksi BKSDA Kalteng SKW 2 Pangkalan Bun Dendi Setiadi saat dikonfirmasi mengaku sudah menerima laporan terkait keberadaan orang utan di sekitar jembatan Panjang Kolam.

“Tim masih di lapangan. Nanti kami infokan lagi hasil rescuenya,” kata Dendi. (Sigit Dzakwan)


Editor : Donald Karouw

BERITA TERKAIT