Orang utan ditemukan tertembak di perkebunan warga di Kabupaten Seruyan, pada tubuh orang utan itu ditemukan tiga peluru yang bersarang. (Foto: Antara/ HO-BKSDA SKW II Pangkalan Bun)
Antara

PANGKALAN BUN, iNerws.id - Seekor orang utan ditemukan tertembak di perkebunan warga di Desa Pembuang Hulu, Kecamatan Hanau, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, pada Senin (10/10/2022). Pada tubuh hewan tersebut didapati tiga peluru senapan angin.
 
“Laporan adanya orang utan tersebut kami dapat dari staf TN Tanjung Puting SPTN II Pembuang Hulu yang menerima informasi dari pemilik lahan Supianor,” kata Kepala SKW II BKSDA Pangkalan Bun, Dendi Sutiadi, di Pangkalan Bun, Kamis (13/10/2022).

Dia mengatakan, pihaknya melakukan penyelamatan orang  utan itu bersama Orangutan Foundation Internasional (OFI).  

Setelah dilakukan penyelamatan terhadap orang utan tersebut, langsung dibawa ke Kantor SKWII BKSDA Pangkalan Bun untuk dilakukan pemeriksaan.

“Orang utan berjenis kelamin jantan yang kita selamatkan berumur sekitar 25 tahun dan berat badannya 65 kilogram. Saat dilakukan pemeriksaan kesehatan tersebut, ditemukan peluru senapan angin di dagu, pipi kiri, dan paha sebelah kanan yang berhasil kita keluarkan,” ujarnya.

Setelah orang utan tersebut dinyatakan dalam kondisi sehat, pihaknya melakukan pemasang microchip di tubuh orang utan agar bisa dilakukan pemantauan guna memastikan keselamatannya.

“Orang utan tersebut sudah kita lakukan lepasliarkan di kawasan hutan margasatwa Lamandau pada Rabu (12/10/2022),” ungkapnya.
 
Ia pun mengimbau kepada masyarakat agar tidak memelihara, menangkap, membunuh satwa yang dilindungi Undang-undang (UU) karena melanggar Pasal 21 ayat 2 huruf b UU Nomor 5 Tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya.

“Kami ingatkan, apabila ada ditemukan yang melanggar pasal di atas itu, sangsi pidana ancaman lima tahun penjara,” tegasnya.


Editor : Candra Setia Budi

BERITA TERKAIT