Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin. (ANTARA/Rendhik Andika)
Antara

PALANGKA RAYA, iNews.id - Aktivitas tempat hiburan malam (THM) dilarang beroperasi selama Ramadan 1443 Hijriah di Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah. Terutama untuk diskotek dan klub malam.

"Selama bulan Ramadan, diskotek dan klub malam tidak diperkenankan buka. Kami juga minta warga selalu menjaga toleransi, kerukunan dan ketertiban umum," ujar Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin, Senin (4/4/2022).

Dia menerangkan, pengaturan operasional tempat hiburan telah tertuang dalam Surat Edaran Wali Kota Palangka Raya Nomor 556.3/218/DPKKO-Par/III/2022 tentang Pengaturan usaha hiburan umum, restoran rumah makan/ warung makan/kedai makan minum selama Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022 M.

Pada surat edaran itu, untuk tempat karaoke, kafe, permainan biliar dan tempat hiburan sejenisnya selama Ramadan tetap diperbolehkan buka.

Ketentuannya, harus memenuhi protokol kesehatan buka sampai pukul 22.30 WIB dan dengan kapasitas maksimal 50 persen dari ruangan yang tersedia.

Kemudian, selama Ramadan, karaoke, kafe, permainan biliar serta restoran, warung makan, rumah makan, kedai makanan dan minuman tidak menjual minuman beralkohol.

"Kepada pengusaha restoran, rumah makan dan kedamaian dan minuman tidak membuka usaha secara terbuka, namun dilakukan secara tertutup terbatas," kata kepala daerah termuda di wilayah Kalteng tersebut.

Dia mengimbau masyarakat di 'Kota Cantik' tidak memperjualbelikan dan membunyikan semua jenis petasan, termasuk meriam bambu, kembang api dan lain-lain yang memiliki daya ledak di udara.

Fairid meminta Satpol PP bersama pihak terkait, secara berkala dan berkelanjutan melakukan pemantauan dan memastikan seluruh pengaturan yang dilakukan melalui surat edaran itu dilaksanakan menyeluruh.

"Ini untuk memastikan agar masyarakat yang melakukan ibadah puasa dan ibadah lain selama Ramadan dapat melaksanakan dengan tenang, aman dan nyaman," ucapnya.


Editor : Donald Karouw

BERITA TERKAIT