Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin menyerahkan bantuan kepada masyarakat korban banjir. (ANTARA/Rendhik Andika)
Antara

PALANGKA RAYA, iNews.id - Status siaga darurat bencana banjir ditetapkan Pemerintah Kota Palangka Raya. Keputusan ini seiring terjadinya banjir kiriman di sejumlah kelurahan di daerah setempat.

Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin mengatakan, pemkot merencanakan operasi penanganan siaga darurat bencana dan mengajukan permintaan kebutuhan bantuan siaga darurat. Sekaligus mengoordinasikan pengerahan sumber daya untuk penanganan siaga darurat bencana secara cepat, tepat, efektif dan efisien.

"Bersama seluruh instansi dan pihak terkait, saat ini kita berstatus siaga darurat banjir. Kami minta seluruh pihak meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana banjir," ujarnya, Kamis (14/9/2022).

Selain itu, pemkot akan mempersiapkan sarana dan prasarana dalam rangka menyiapkan sosialisasi dan pemberdayaan masyarakat terkait siaga darurat bencana banjir. Kemudian mengumpulan informasi sebagai dasar perencanaan komando siaga darurat bencana di Kota Palangka Raya.

Pemkot Palangka Raya juga secara rutin menyebarluaskan informasi mengenai kejadian bencana dan penanganan kepada media massa dan masyarakat luas.

Saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat juga menyiapkan lokasi yang digunakan sebagai posko dan pusat pengungsian bagi warga setempat yang menjadi korban banjir kiriman.

"Untuk lokasi posko dan pengungsian sudah siap kami data dan jika sewaktu-waktu diperlukan dapat segera dibangun dan difungsikan," kata Kepala BPBD Palangka Raya Emi Abriyani.


Editor : Donald Karouw

BERITA TERKAIT