Anak Pedagang Cilok Ikut Seleksi Akpol : Saya Didukung Doa Orang Tua, Bukan Ekonomi

Donald Karouw ยท Jumat, 17 Juni 2022 - 19:17:00 WIB
Anak Pedagang Cilok Ikut Seleksi Akpol : Saya Didukung Doa Orang Tua, Bukan Ekonomi
Jefry Budiartono peserta seleksi Akpol 2022 Polda Banten bersama ayahnya Maman yang bekerja sebagai pedagang cilok keliling. (Foto : Humas Polda Banten)

SERANG, iNews.id - Seleksi rekrutmen Taruna Akpol Tahun 2022 Polda Banten diikuti ratusan anak muda dengan latar belakang ekonomi yang berbeda-beda. Satu di antaranya calon taruna Akpol bernama Jefry Budiartono (19) lulusan SMAN 1 Kota Serang.

Jefry yang tinggal di Kampung Walantaka, Kecamatan Walantaka, Kota Serang merupakan anak seorang pedagang cilok. Ayahnya Maman (48) bekerja sebagai pedagang cilok keliling untuk menafkahi keluarga.

Dalam seleksi Akpol ini, Jefry mengaku telah mempersiapkan diri selama 6 bulan dan sama sekali tidak terpengaruh dengan kondisi ekonomi sang ayah.

”Yang bersaing dalam seleksi adalah saya. Kemampuan saya didukung oleh doa orang tua, bukan dengan kemampuan ekonomi orang tua saya. Saya akan terus semangat untuk bisa lolos seleksi dari tahapan satu ke tahapan lainnya,“ ujar Jefry dikutip dari Humas Polda Banten, Jumat (17/6/2022).

Saat pengumuman hasil seleksi yang dilakukan Biro SDM Polda Banten pada Selasa (14/6/2022), Jefry menjadi salah satu kandidat terpilih bersama 12 calon Taruna Akpol. Dia mengalahkan 90 peserta lainnya untuk berjuang mengikuti sisa beberapa tahapan seleksi lainnya, yaitu Rikkes II, Penelusuran Mental Kepribadian (PMK), pemeriksaan administrasi akhir dan sidang terbuka kelulusan tingkat Panitia Daerah (Panda).

Dalam hal ini, Jefry memberi motivasi kepada seluruh anak muda yang ingin mengikuti seleksi penerimaan Polri agar jangan berkecil hati walaupun berasal dari keluarga kurang mampu.

"Kalian harus terus semangat karena kesuksesan dapat diraih jika kita mau, jadi jangan patah semangat,” kata Jefry.

Sang orang tua, Maman mengaku terus mendoakan anaknya dan menyaksikan secara langsung transparansi penyelenggara seleksi masuk polisi di Polda Banten.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: