Daftar 14 Cagar Budaya Baru di Jakarta, Salah Satunya Jembatan Kereta Matraman Raya

Reza Rizki Saputra · Selasa, 02 Agustus 2022 - 16:13:00 WIB
Daftar 14 Cagar Budaya Baru di Jakarta, Salah Satunya Jembatan Kereta Matraman Raya
Pemerintah DKI Jakarta telah menetapkan 14 objek menjadi cagar budaya sepanjang tahun 2020-2021, salah satunya jembatan kereta api Matraman. (Foto: MPI/Adhi Chandra)

JAKARTA, iNews.id - Tahukah kalian daftar terbaru Cagar Budaya di Jakarta? Jika belum, simak artikel berikut untuk penjelasan lengkapnya.

Ketika berkunjung ke suatu daerah di Indonesia, pastinya akan sering melihat benda atau bangunan dengan label cagar budaya.

Cagar budaya merupakan warisan budaya bersifat kebendaan dan bisa berupa benda, bangunan, struktur, situs dan kawasan cagar budaya. Segala hal yang berkaitan dengan cagar budaya memiliki nilai penting bagi sejarah, pendidikan, ilmu pengetahuan, agama dan kebudayaan.

Warisan budaya yang masuk kategori cagar budaya yakni sesuatu dengan wujud konkrit, memiliki dimensi nyata yang dapat dilihat dan disentuh.

Contoh cagar budaya paling mudah ditemukan misalnya batu prasasti, candi atau makam.

Penentuan label cagar budaya tak dapat ditentukan secara sembarangan karena harus ditetapkan berdasarkan kajian mendalam. Semua prosesnya dilakukan oleh Tim Ahli Cagar Budaya bersama dengan lembaga-lembaga kebudayaan negara.

Memasuki tahun 2022, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menetapkan 14 objek menjadi cagar budaya sepanjang tahun 2020-2021 sebagai upaya pelestarian.

“Penetapan ini menjadi dasar hukum yang jelas sebagai landasan pelestarian Cagar Budaya. Penetapan ini juga sebagai bagian dari upaya kami dalam melindungi aset budaya yang dimiliki Pemerintah Provinsi DKI Jakarta,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana,

Menurut penjelasannya, penetapan objek menjadi cagar budaya telah dilakukan dengan berbagai kajian, survei hingga riset daftar pustaka yang diverifikasi Tim Ahli Cagar Budaya Provinsi DKI Jakarta.

Kriteria penentuan objek untuk menjadi Cagar Budaya yaitu berusia 50 tahun atau lebih, mewakili gaya paling singkat berusia 50 tahun, memiliki arti khusus bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama dan tau kebudayaan serta memiliki nilai budaya bagi penguatan kepribadian bangsa.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: