Hati-Hati, Tiga Jalur Trans Kalimantan di Kalteng Ini Rawan Kecelakaan saat Mudik

Antara · Sabtu, 23 April 2022 - 11:56:00 WIB
Hati-Hati, Tiga Jalur Trans Kalimantan di Kalteng Ini Rawan Kecelakaan saat Mudik
Ilustrasi mudik. (Foto: Ist)

PALANGKA RAYA, iNews.id - Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) mengungkapkan ada  tiga jalur Trans Kalimantan yang dikategorikan rawan terjadi kecelakaan lalu lintas saat mudik Lebaran 2022. Seperti diketahui tahun ini pemerintah sudah memperbolehkan mudik lebaran setelah sebelumnya dilarang. 

"Tiga jalur Trans Kalimantan yang rawan terjadi kecelakaan lalu lintas tersebut, yakni jalur Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menuju Katingan, Katingan-Palangka Raya dan Palangka Raya-Kabupaten Kapuas," kata Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol Kismanto Eko Saputro di Palangka Raya, Jumat (22/4/2022). 

Dia mengatakan karakteristik jalan dari Kabupaten Kotim-Katingan berada di daerah Desa Pundu.

“Jalannya berkelok dengan tikungan yang cukup tajam, turunan beserta tanjakan. Titik lelah pengemudi yang dari arah Palangka maupun Sampit bagian barat," katanya.

Sementara untuk jalur Katingan-Palangka Raya karakteristik jalan bergelombang. Selain itu banyak jalur potongan perbaikan gorong-gorong, perubahan lebar jalan dari lebar ke sempit atau sebaliknya. Kemudian jalur lurus dan kecepatan kendaraan yang melintas di daerah itu cenderung tinggi.

Sedangkan, jalur Palangka Raya menuju Kabupaten Kapuas, karakteristik jalannya banyak rusak atau berlubang. Selain jalan bergelombang, jalur sempit disertai tikungan tajam dan titik jenuh pengemudi.

Editor : Dita Angga Rusiana

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: