Banjir Rendam Kecamatan Mantangai di Kapuas Kalteng, BNPB: 8.112 Jiwa Terdampak

Binti Mufarida · Jumat, 19 November 2021 - 14:11:00 WIB
Banjir Rendam Kecamatan Mantangai di Kapuas Kalteng, BNPB: 8.112 Jiwa Terdampak
Evakuasi korban banjir di Palangka Raya Kalimantan Tengah. (Foto: iNews/Ade Sata)

JAKARTA, iNews.id -  Banjir masih merendam Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Kondisi ini diperburuk dengan cuaca hujan dengan intensitas sedang.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas memutakhirkan data pada Kamis (18/11/2021) yang menyebutkan genangan di wilayah Kecamatan Mantangai masih bertahan. 

Tinggi muka air berkisar 40 hingga 150 cm. Sedangkan genangan yang teridentifikasi di desa-desa terdampak lainnya, seperti di Kecamatan Mandau Talawang dan Kapuas Hulu terpantau surut. 

Kecamatan lainnya, yaitu Kecamatan Timpah, tinggi muka air tampak mengalami penurunan berkisar 10 sampai dengan 30 cm.  

Menyikapi kondisi ini, Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPB-PK) provinsi membantu penanganan darurat di wilayahnya.

Gubernur Kalimantan Tengah memberikan perhatian penuh terhadap penanganan banjir yang terjadi di beberapa wilayah kabupaten dan kota. 

"Beliau pada hari Rabu, 17 November 2021, memimpin langsung rapat koordinasi dengan bupati dan walikota terkait dengan penanganan banjir,” ujar Kepala Sub Bidang Kedaruratan BPB-PK Provinsi Kalimantan Tengah Alpius Patanan, Kamis (18/11/2021).

Editor : Reza Yunanto

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: