Kasus Pungli di KSOP Tarakan, 50 Agen Kapal Diperiksa Polisi

Antara · Rabu, 23 November 2022 - 14:13:00 WIB
Kasus Pungli di KSOP Tarakan, 50 Agen Kapal Diperiksa Polisi
Ilustrasi, personel Direktorat Reserse dan Kriminal Khusus Polda Kalimantan Utara (Kaltara) saat mengeledah Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tarakan, Selasa (8/11/2022) malam. (Foto: Antara).

TARAKAN, iNews.id - Sebanyak 50 agen kapal diperiksa polisi. Mereka diperiksa terkait dugaan pungutan liar (pungli) dan gratifikasi di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kota Tarakan.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Kaltara Kombes Pol Hendy F. Kurniawan mengatakan, penyidik Ditreskrimsus Polda Kaltara melakukan pemanggilan berdasarkan beberapa data yang dimiliki. 

"Data dari hasil pemeriksaan dan data lain dari hasil penggeledahan rumah IS," ujar Hendy di Tarakan, Rabu (23/11/2022).

Saat ini, kata dia penyidik baru menetapkan satu tersangka yakni, Kepala Seksi Lalu Lintas Angkutan Laut KSOP Tarakan berinisial IS, terkait dugaan pungli dan gratifikasi untuk penerbitan Surat Persetujuan Berlayar (SPB).

Dia menuturkan, tersangka IS menjabat Kepala Seksi Lalu Lintas Angkutan Laut KSOP Tarakan sejak tahun 2021. Ada sekitar 10 orang di lingkungan KSOP Tarakan yang dimintai keterangan diantaranya Kepala KSOP Tarakan yang lama dan yang baru.

"Intinya kita akan melakukan pendalaman terkait dengan mekanisme yang berlaku dan yang tidak dilakukan dalam penerbitan terkait kedatangan dan keberangkatan kapal," tuturnya.

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: