Gubernur Inisiasi Pembangunan Universitas di DAS Barito, Sekda Kalteng Gelar Raker

Anindita Trinoviana ยท Rabu, 03 Agustus 2022 - 11:14:00 WIB
Gubernur Inisiasi Pembangunan Universitas di DAS Barito, Sekda Kalteng Gelar Raker
Sekda Provinsi Kalteng dan Sekda Wilayah DAS Barito

BARITO UTARA, iNews.id - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Nuryakin bersama Sekretaris Daerah Wilayah DAS Barito menggelar Rapat Kerja (Raker) dalam rangka percepatan pembangunan di wilayah DAS Barito dalam mendukung Kalteng sebagai penyangga Ibu Kota Negara (IKN).

Pada raker tersebut, membahas program pengembangan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) serta pemenuhan pemerataan akses pelayanan pendidikan pada jenjang Perguruan Tinggi di Provinsi Kalteng, khususnya bagi masyarakat Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito.

Adapun daerah yang mencakup DAS Barito ialah, Kabupaten Barito Timur, Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Barito Utara, dan Kabupaten Murung Raya. Raker ini dilaksanakan di Gedung Balai Antang Muara Teweh, Selasa (2/8/2022).

Dalam arahannya, Sekda Nuryakin menuturkan bahwa Pemprov Kalteng terus mendorong investasi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah dan tetap fokus pada prioritas pembangunan, salah satunya pendidikan.

“Peningkatan SDM melalui jalur pendidikan formal adalah investasi jangka panjang, untuk itu perlu pemerataan terhadap aksesbilitas pendidikan, salah satunya dengan membangun perguruan tinggi di wilayah DAS Barito,” ucap Nuryakin.

Lebih lanjut, Sekda Nuryakin mengatakan, bahwa inisiasi membangun perguruan tinggi di wilayah DAS Barito ini merupakan ide gagasan cemerlang dari Gubernur Kalteng Sugianto Sabran yang menghendaki agar lulusan SLTA di Kalteng, khususnya DAS Barito, dapat melanjutkan  pendidikan di daerah sendiri.

“Perlu kajian dan pembahasan yang lebih cermat dalam perencanaan pembangunan perguruan tinggi ini, untuk itu hari ini sebagai langkah awal, kita membahas bersama-sama dengan pemerintah kabupaten DAS Barito yang diwakili Sekda masing-masing,” tuturnya.

Pada bagian akhir rapat kerja, Sekda Provinsi Kalteng bersama Sekda kabupaten wilayah DAS Barito dilakukan penandatanganan Berita Acara Rapat Kerja Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Wilayah DAS Barito, dalam rangka Percepatan Pembangunan Provinsi Kalteng di wilayah DAS Barito untuk mendukung IKN.

Penandatangan tersebut dilakukan oleh Sekda Nuryakin bersama Sekda Kabupaten Barito Utara Muhlis, Sekda Kabupaten Barito Timur Panahan Moetar, Sekda Kabupaten Barito Selatan Edy Purwanto, dan Asisten II Setda Kabupaten Murung Raya Ferry Hardi.

Dalam berita acara tersebut menghasilkan beberapa kesepakatan sebagai berikut, pertama agar masyarakat di empat Kabupaten DAS Barito memperoleh akses pelayanan pendidikan pada jenjang Perguruan Tinggi yang lebih terjangkau dan tersedianya kesempatan yang lebih luas untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan wawasan secara akademik, serta untuk dapat menampung lebih banyak lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) di wilayah DAS Barito, perlu dibangun Perguruan Tinggi/Universitas/Politeknik Negeri.

Kedua, Perguruan Tinggi/Universitas/Politeknik Negeri dimaksud akan dibangun di wilayah Kabupaten DAS Barito dan diberi nama Perguruan Tinggi/Universitas/Politeknik Negeri Barito Raya.

Editor : Anindita Trinoviana

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: