Taman Nasional di Kalimantan Tengah, Tempat Terbaik untuk Eksplorasi Alam

Fajar Hendra Jaya ยท Senin, 01 Agustus 2022 - 18:00:00 WIB
Taman Nasional di Kalimantan Tengah, Tempat Terbaik untuk Eksplorasi Alam
Taman Nasional di Kalimantan Tengah, Taman Nasional Sebangau. (Foto: Instagram @BTN_Sebangau)

Jakarta,  iNews.id - Taman Nasional di Kalimantan Tengah memiliki beragam cerita yang ada di dalamnya dan sayang untuk tidak dieksplor lebih jauh. Di Taman Nasional ini terdapat ragam hayati serta fauna yang perlu dilindungi, sehingga perlu dijaga keaslian ekosistemnya agar tidak rusak.

Taman Nasional di Kalimantan Tengah ini terbuka untuk umum dan siapa pun bisa mengunjungi untuk melakukan penelitian atau menikmati pemandangan alam hutan Kalimantan.  
Taman hutan di Kalimantan Tengah ini juga memiliki udara yang terjaga dan lingkungan yang sangat mendukung kamu mengeksplor alam bebas.

Berikut deretan Taman Nasional di Kalimantan Tengah yang perlu kamu ketahui: 

Taman Nasional Sebangau

Taman Nasional di Kalimantan Tengah pertama yakni Taman Nasional Sebangau. Taman Nasional ini terletak di tiga Kabupaten yang berbeda di Kalimantan Tengah yakni Kabupaten Katingan, Kabupaten Pulau Pisang dan Kota Palangkaraya.

Taman Nasional ini didominasi oleh perairan yang berisi ekosistem hutan gambut. Terdapat sungai yang berwarna hitam yang mengandung tanin yang sangat tinggi sehingga warna air berubah menjadi kegelapan.

Kamu bisa menyusuri sungai ini menggunakan kapal selama kurang lebih 3 hingga 4 jam. Di Taman Nasional Sebangau ini terdapat fauna yang dilindungi seperti owa Kalimantan  dan orang utan. Sedangkan flora yang ada di Taman Nasional Sebangau ini yakni ada ramin, jelutung, nyatoh, meranti, dan juga bintangor.

Editor : Reza Yunanto

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: